Resmikan Kantor Baru APKASI, Ini Pesan Mendagri ke Para Bupati

By Admin

nusakini.com-- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meresmikan kantor baru Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)i Senin (27/6). Selain peresmian, acara tersebut juga bertujuan untuk melangsungkan syukuran serta silaturahim para kepala daerah dengan Mendagri. 

Mendagri Tjahjo berpesan, asosiasi ini bisa menjadi wadah jaringan komunikasi antara pemerintah pusat dan daerah. Namun selain dengan pemerintah pusat, APKASI juga harus menjaga keharmonisan hubungan dengan gubernur, walikota, dan DPRD tingkat I dan II. 

“Lewat pesan tersebut, maka kebijakan pemerintah pusat dapat dikomunikasikan secara efektif ke daerah, begitu juga sebaliknya, kebijakan pemerintah daerah bisa dikomunikasikan secara efektif ke pemerintah pusat,” kata Tjahjo dalam sambutannya di acara peresmian kantor baru itu. 

Belum lagi, Presiden Joko Widodo juga menjanjikan adanya pertemuan dengan para kepala daerah ini di Istana Bogor. Melalui upaya itu maka, kata dia akan tercipta sinergi. Sedangkan untuk membuat inovasi di daerah, ia meminta komunikasi antarkabupaten dapat terjalin baik. 

Ia menekankan, ketika menjabat sebagai kepala daerah, para bupati ini, selain melaksanakan kebijakan pusat, juga harus memenuhi janji kampanyenya yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Jangka Panjang Daerah (RPJPD). 

Ketua Umum APKASI, Mardani H Maming juga mengapresiasi kedatangan Mendagri dalam acara tersebut. Ia juga berterimakasih ke Tjahjo Kumolo karena berkenan meresmikan kantor baru APKASI.

Kepala Pusat Penerangan Kemendagri Dodi Riyadmadji di Kementerian Dalam Negeri, Dodi Riyatmadji mengatakan, kantor baru APKASI berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kav. 86, Jakarta Pusat. Posisinya di seberang kantor lama yang juga berlokasi di jalan yang sama.(p/ab)